Halaman ini masih dalam perbaikan.....
Tuesday, January 10, 2012

Posted | by : DPW Partai NasDem Sumbar

0

Apris Yaman, Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar

Satu lagi partai politik (parpol) lahir jelang Pemilu 2014. Ya, Partai Nasdem. Di Sumatera Barat partai mengusung semboyan restorasi Indonesia ini dipimpin Apris Yaman.

Mantan Wakil Ketua DPRD Sumbar ini optimistis partai baru ini akan lahir dan tumbuh sebagai partai besar. Tidak tanggung-tanggung, dia berani menargetkan Partai Nasdem bisa memiliki pengurus hingga tingkat ranting sampai 100 persen. Berikut petikan wawancaranya dengan wartawan Padang Ekspres Hijrah Adi Sukrial.


Kenapa Partai Nasdem didirikan?
Partai Nasdem didirikan bertujuan untuk menciptakan masyarakat demokratis berkedaulatan dan berkeadilan.


Apa langkah yang akan dilakukan Partai Nasdem untuk mewujudkannya?
Ada beberapa upaya yang akan dilakukan Partai Nasdem. Di antaranya, memperkuat kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kemudian, mewujudkan kesejahteraan bagi rakyatnya. Lalu, mengembangkan kehidupan politik kebangsaan yang demokratis, partisipatif dan beradat. Lalu, menciptakan tatanan perekonomian dengan prinsip demokrasi, menegakkan keadilan sosial dan kedaulatan hukum. Selanjutnya, memenuhi hak asasi manusia dan hak warga negara dan mengembangkan kehidupan kepribadian bangsa Indonesia yang luhur dan menciptakan budaya egaliter berdasarkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Tujuh program di atas adalah refleksi dari keadaan bangsa Indonesia saat ini. Baik, secara nasional maupun di daerah.


Apa dasarnya Partai Nasdem akan melakukan hal di atas?
Nasdem menyadari reformasi itu sudah berjalan, namun belum selesai dan belum tuntas. Sementara kekuatan-kekuatan yang diharapkan dapat meneruskan agenda reformasi itu sudah mulai mengalami krisis. Terutama, kekuatan parpol yang lahir di era reformasi. Bahkan, mengusung reformasi itu sendiri.


Krisis seperti apa yang mereka alami?
Parpol mengalami krisis internal, maupun krisis kepercayaan dari masyarakat. Masyarakat saat ini apatis terhadap partai politik. Refleksi dari kondisi seperti itulah makanya Partai Nasdem mengusung gerakan perubahan dengan semboyan Restorasi Indonesia. Intinya, menyempurnakan, memperbaiki, meluruskan agenda reformasi sudah mulai nampak.


Lalu apa upaya yang akan Anda lakukan di Sumatera Barat untuk sosialisasi dan pengembangan partai baru ini, agar memiliki kader yang banyak dan ada di setiap lapisan masyarakat dan siap mengikuti pemilu 2014?
Apabila sudah resmi terdaftar dan lulus verifikasi, yang pertama kita lakukan adalah konsolidasi ke dalam. Bentuknya, melengkapi struktur partai dari level provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga tingkat ranting. Sekarang kita sudah mulai membentuk struktur partai di tingkat ranting yang berbasis nagari, desa, dan kelurahan. Dalam hitungan kami, ditargetkan akan terbentuk seribu ranting di Sumbar. Inilah nantinya kekuatan utama kita dalam menghadapi pemilu, karena merekalah yang akan bergerak hingga level terbawah di masyarakat. Tentu kami juga akan menggunakan media massa sebagai relasi dalam memperkenalkan diri pada konstituen.


Apa keuntungan yang langsung didapat oleh seseorang apabila menjadi anggota Partai Nasdem?
Setiap orang yang memiliki kartu anggota Nasdem, apabila meninggal akan mendapatkan santunan langsung senilai Rp1 juta. Ini bukan klaim asuransi, tapi langsung dari partai. Nanti, data akan dikirim oleh tingkat ranting ke DPC. Kemudian dilanjutkan ke DPW, dan akhirnya disampaikan ke pusat. Nanti DPP akan langsung mencairkan dana santunan tersebut.


Apa yang membuat Anda memutuskan bergabung dengan Partai Nasdem?
Sebagai partai baru, Nasdem bebas bergerak. Nasdem tidak menanggung dosa-dosa politik dan belum memiliki kesalahan politik. Lalu, belum tercemar namanya oleh perilaku anggotanya yang merugikan masyarakat. Sehingga, Partai Nasdem bisa bercermin dari kesalahan-kesalahan partai politik yang ada, baik sekarang maupun lampau. Dengan itu Nasdem bisa lebih mawas diri, lebih waspada dan mengantisipasi penyimpangan yang terjadi.


Apa tanggapan Anda melihat banyaknya anggota parpol yang menyeberang atau pindah ke partai lain? Seperti kita ketahui, Partai Nasdem sendiri adalah pentolan dari berbagai partai yang telah ada?
Kami berupaya meningkatkan loyalitas anggota melalui pendidikan politik yang akan dilakukan secara terencana dan berkala. Kelemahan selama ini adalah orang berpartai ketika akan pemilu, ketika diperlukan saat akan pilkada. Sehingga loyalitasnya bersifat sesaat dan ke orang-orang tertentu, bukan partainya. Kita akan antisipasi ini, sehingga anggota dibuat loyal pada partai, bukan perseorangan.


Banyak partai yang didirikan, mengikuti pemilu lalu tidak mendapat suara dan akhirnya menghilang begitu saja. Apa upaya Partai Nasdem untuk menghindari hal itu?
Saat ini kita sedang mempersiapkan kepengurusan di semua provinsi, kabupaten, dan kecamatan. Nantinya, kita tidak hanya sekadar merekrut pengurus dan kader, sehingga partai ini bisa bergerak, namun juga merekrut anggota partai. Dengan upaya itu, kita berharap pada pemilu Partai Nasdem bisa mendapat dukungan. Selanjutnya, kita memiliki calon di legislatif. Kalau itu terjadi itu akan kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan rakyat agar kita bisa mempertahankan kepercayaan rakyat terhadap kita.
Kita akan tetapkan regulasi untuk mengatur tugas, kewajiban dan anggota partai di legislatif. Bukan berarti menghambat kreativitas anggota dewan, tapi ini diperlukan untuk menjaga kepercayaan rakyat terhadap partai.


Orang-orang seperti apa yang akan Anda rekrut untuk memperkuat Partai Nasdem agar bisa bersaing dengan partai lainnya yang sudah lebih dulu bergelut dalam dunia politik di Indonesia?
Saya dan semua teman lainnya sepakat untuk merekrut orang-orang yang masih polos dalam berpolitik. Artinya, anak-anak muda yang mempunyai semangat juang tinggi, mau bekerja keras, dan mau belajar. Orang-orang baru ini akan memberi warna tersendiri bagi partai, selain itu tentunya akan mudah memberi mereka pelajaran politik dan menanamkan loyalitas pada partai. Mereka juga akan mengikuti proses interaksi dan proses internalisasi, sehingga menambah wawasan dan pengetahuan mereka mengenai dunia politik.


Berapa lama proses itu akan terlaksana, dan apa hasil yang diharapkan?
Tentu saja butuh waktu dan proses. Saat masuk kepengurusan secara otomatis mereka telah ikut dalam proses interaksi. Ketika terjadi proses interaksi, akan menyebabkan kurangnya perbedaan-perbedaan dan bersatunya visi dan misi. Akhirnya, diharapkan semuanya menjadi suatu kesatuan yang kuat dan menjadi kekuatan luar biasa. Bayangkanlah, sejak Maret 2011 kami telah membentuk pengurus DPW Partai Nasdem Sumbar. Sejak itu pula kami telah mengadakan pertemuan sebanyak 11 kali. Tujuannya, ya itu tadi untuk memperbanyak interaksi, sehingga terjalin kebersamaan.


Seberapa besar kepercayaan diri anda dan Partai Nasdem bisa memenangkan pemilu atau setidaknya dipercaya rakyat untuk mewakilinya dalam pemilu. Saya sangat optimistis bisa dipercaya rakyat apabila semuanya dipersiapkan sedemikian rupa. Itu yang akan kita lakukan, dengan darah-darah muda tadi kita akan bekerja keras, dan mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Kita akan ukur kemampuan kita dengan polling dan tidak akan sekedar maju tanpa persiapan. Saya himbau semua yang bergabung dengan Partai Nasdem ini, marilah kita berkomitmen untuk melakukan perubahan di Indonesia sebagai mana semboyan Partai Nasdem itu sendiri melakukan Restorasi di Indonesia. Doakan kami berhasil dan kita bisa bekerja sama dalam jangka waktu panjang. (***)

0 comments:

Post a Comment